Pengertian CWM Atau ClockworkMod Recovery Android

Pengertian CWM Atau ClockworkMod Recovery Android

Pengertian CWM Atau ClockworkMod Recovery Android - Untuk pemula di dunia Android seperti saya tentu kita sering kebingungan dengan istilah-istilah yang belum prnah kita sebelumnya, seperti : Apa itu Root?, apa fungsi Root? dan pengertian serta fungsi CWM atau ClockworkMod Recovery Android. Tapi sebagai pengguna Android memang seharusnya kita ketahui hal-hal dasar semacam itu.

Pengertian CWM / ClockworkMod Recovery

Secara singkat, CWM atau ClockworkMod bisa diartikan sebagai recovery mode yg sudah di kustomisasi sedemikian rupa dengan berbagai fungsi tambahan seperti backup/restore, instalasi dan lain-lain yg tidak ada di recovery mode standar atau bawaan pabrik, karena sebenarnya walaupun Android kita masih  kondisi baru itu sudah memiliki recovery mode, hanya saja di recovery ClockworkMod ini memiliki fitur yang jauh lebih banyak sehingga memudahkan penggunanya untuk memodifikasi ponselnya tersebut. 

CWM biasanya memiliki dua versi yaitu versi Touch yang bisa langsung disentuh untuk mengoprasikannya dan versi non-Touch yang tidak bisa langsung disentuh, melainkan menggunakan tombol hardware (tombol home, volume atas, volume bawah, dan tomblol power) untuk navigasi nya.

Fungsi dan Fitur CWM / ClockworkMod Recovery

Fungsi dan Fitur CWM / ClockworkMod Recovery

1. Untuk Menginstall Custom ROM
Ini adalah fitur yang sering dibutuhkan karena biasanya pengguna Android sering bosan dengan ROM bawaan sehingga ingin memasang ROM lain yang lebih bagus dari tampilan, performa, dll.

2. Untuk Root atau Install Update.zip
Walaupun kebanyakan orang melakukan Root pada Androidnya menggunakan PC, dengan adanya CWM Recovery ini kita bisa melakukan Root langsung dari hp tanpa menggunakan PC, tapi tidak semua jenis Android bisa melakukan root tanpa PC, untuk lebih aman silahkan mencari tutorial yang di khususkan untuk type android kamu. Untuk yang belum tau apa itu Root silahkan baca tentang Pengertian, kelebihan dan kekurangan Root pada Android

3. Nandroid Backup
Sesuai dengan namanya nandroid backup untuk membackup sistem ponsel, internal memori dan termasuk seluruh partisi dan menyimpannya ke dalam sdcard. Hasil backup berupa folder dengan nama sesuai tgl-bln-thn-jam saat melakukan backup. 

Contoh : 
  • ketika kita menggunakan ROM A dengan 10 aplikasi yang sudah kita install sebelumnya didalam ROM tersebut, 
  • lalu kita berniat ingin mencoba menggunakan ROM B (karena tampilannya lebih keren) dan kita menginstall 5 aplikasi di ROM B tersebut, 
  • Nah jika sewaktu-waktu kita bosan dengan ROM B dan ingin kembali menggunakan ROM A maka kita bisa melakukannya dengan cara Restore (asalkan sebelum   menggunakan ROM B, kita mem-Backup ROM A terlebih dahulu), sehingga kondisi ponsel kita bisa kembali "sama persis" ketika saat kita menggunakan ROM A.

Ini sangat berguna sekali termasuk bagi saya, karena saya sendiri suka gonta-ganti ROM atau firmware sehingga saya tidak kesulitan saat ingin kembali ke ROM sebelumnya dan tidak perlu mendownload lagi aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah terinstall.

4. Restore Data
Jika di fitur nomor 3 yaitu Backup = Mencadangkan data, di fitur ini adalah Restore = Memulihkan data. Jadi maksudnya itu sama seperti contoh yang sudah saya berikan diatas yaitu untuk memulihkan/mengembalikasn data sesuai yang sudah kita Backup/cadangkan sebelumnya.

File Backup akan tersimpan di SDcard atau memori internal dengan nama sesuai tanggal dan waktu saat melakukan backup, Proses Backup ataupun Restore akan berlangsung sekitar 5-15 menit, dan saat melakukan Restore akan ada 2 pilihan yaitu semua bagian ROM, atau bagian-bagian tertentu saja.

5. Banyak
Sebenarnya masih banyak Fingsi dan Kegunaan CWM atau ClockworkMod Recovery pada Android ini, namun fitur-fitur yang sudah saya jelaskan diatas tersebut adalah yang paling sering dibutuhkan, Berikut fitur lain yang tersedia di CWM Recovery :
  1. Reboot system now
  2. Apply update from sdcard
  3. Wipe data/factory reset
  4. Wipe cache partition
  5. Install zip from sdcard
  6. Backup and Restore
  7. Backup Data data + dbdata + cache
  8. Restore ALL
  9. Advance Restore
  10. Mount/unmount untuk /system, /data, /cache, /sdcard atau /sd-ext
  11. Format untuk boot, system, data, cache, sdcard or sd-ext
  12. Mount USB storage
  13. Wipe Dalvik Cache
  14. Wipe Battery Stats
  15. Report Error
  16. Key Test
  17. Partition SD Card
  18. Fix Permissions

Semoga dilain waktu saya bisa menjelaskan semua fitur yang ada CWM Recovery secara lengkap, untuk sobat yang mempunyai pertanyaan atau tanggapan lain mengenai Pengertian CWM Atau ClockworkMod Recovery Android ini silahkan berikan komentarnya dibawah, Semoga bermanfaat.


4 Komentar "Pengertian CWM Atau ClockworkMod Recovery Android"

  1. mantap bgt bos, bisa membantu, smoga ilmunya berkh amin

    BalasHapus
  2. Sangat Bagus Jelas Lugas dan Padat .. Jangan Lupa Kunjung Situs Gadget : Info Gadget Punya saya Sob Ada Banyak Sharing Juga di sana. Mudah-mudahan Bisa Saling Berbagi lagi.

    BalasHapus

Gimana sob pendapatnya tentang postingan di atas?
Kasih komentarnya ya :)