Fakta Tentang Isu Kecurangan Pengisian Bensin Di SPBU

Fakta Tentang Isu Kecurangan Pengisian Bensin Di SPBU
Pengisian Bensin
Karena sering mendengar tentang berita curang saat mengisi bensin di SPBU maka saya admin OMklik sendiri penasaran dan langsung cari tau kebenarannya di internet, kebetulan saya ketemu blog indonesian hoax yang membahas lengkap Tips Mengisi Bensin.

Klaim-klaim dibawah adalah teori cocoklogi yang entah dari mana datang, namun tips palsu ini sudah dibagikan oleh beberapa orang di media sosial. Bahkan, beberapa situs web nasional mengiyakan bahwa tips ini seakan fakta, tanpa didasari klarifikasi yang jelas dari pihak terkait Pertamina.

Sehubungan dengan Tips Palsu ini, Pihak Pertamina sudah mengklarifikasi dengan penjelasan sebagai berikut :


Isi Klaim 1

LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau YANG ANGKA KEDUA NYA 1.
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.
  1. coba bagi kamu yang menggunakan mobil/motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya. jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
  2. Coba kamu bandingkan jumlah mobil/motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut, Di pom bensin kode 31 pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi, ini udah saya buktikan sendiri.
  3. Coba kamu ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 dan pom bensin 34..bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).
Analisa dan penjelasan klaim 1 :
  1. Produk BBM yang diterima oleh setiap SPBU Pertamina berasal dari depot yang sama, dikirim dengan menggunakan mobil tangki dari perusahaan yang sama, dan di SPBU menggunakan peralatan pompa dispenser yang sama sehingga kualitas produknya pun akan sama.
  2. Jika kita lihat, SPBU dengan kode 31 umumnya tersedia fasilitas seperti mini market, ATM, Musholla, Café, dll lebih komplit sehingga terlihat lebih ramai sehingga yang perlu dicermati adalah logo PASTI PAS-nya. Konsumen dapat melaporkan ke call center Pertamina 500-000 (sesuai kode area) atau pcc@pertamina.com apabila ada SPBU yang tidak melayani dengan baik, terlepas SPBU itu berkode 31 atau pun lainnya.
  3. Pertamina bersama Badan Metrologi juga secara rutin memeriksa keakuratan kuantitas BBM yang dijual di SPBU tanpa membedakan jenis kepemilikan atau nomor SPBU-nya. Selain itu, aparat kepolisian secara intensif juga ikut mengawasi kegiatan operasional SPBU, sehingga setiap SPBU tentunya akan memastikan kualitas dan kuantitas BBMnya sesuai dengan standar yang berlaku. Khusus untuk SPBU Pasti Pas, Auditor Independent secara berkala melakukan inspeksi mendadak untuk ikut memeriksa kualitas maupun kuantitas BBM sesuai dengan standar. Sehingga kualitas maupun kuantitas BBM di SPBU Pasti Pas tentunya akan sama.


Isi Klaim 2 :
TUAS HANDLE SELANG DITEKAN-TEKAN OPERATOR SEHINGGA BENSIN LEBIH SEDIKIT
Pernah gak kamu sewaktu ngisi bensin, tuas handle ditekan-tekan begitu sama petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya.
kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.
Analisa dan penjelasan klaim 2 :


  • Coba amati bagian dalam ujung handle selang di SPBU. Handle selang BBM saat ini sudah dilengkapi dengan katup sensor yang secara otomatis akan melepas tuas handle apabila BBM di dalam kendaraan sudah terisi penuh dan menyentuh ujung nozzle. Sehingga menekan-nekan tuas handle selang tidak berpengaruh terhadap jumlah angka liter BBM yang dikeluarkan, apabila pelanggan merasa takaran SPBU tidak sesuai, pelanggan dapat melaporkan hal tersebut ke pcc@pertamina.com agar bisa dilakukan inspeksi/pengecekan oleh petugas yang berwenang.


Isi Klaim 3 :
ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN.
Hal ini mengingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin temperatur maka semakin padat berat jenis bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi secara teori apabila Anda mengisi bahan bakar saat siang dengan suhu udara panas, bahan bakar yang diisikan ke dalam tangki kendaraan berat jenisnya lebih sedikit.
Analisa dan penjelasan klaim 3 :

  • Penyimpanan tangki BBM di dalam tanah bukan untuk memadatkan bahan bakar melainkan bertujuan untuk mengurangi resiko kebakaran dan mengurangi penguapan BBM. Sama seperti halnya cairan lainnya, bahan bakar dapat menguap pada kondisi panas. Bahkan penguapannya lebih cepat dibandingkan air. Berbeda dengan bahan metal yang dapat mengembang dan kemudian kembali ke bentuk semula. Perubahan temperatur hanya akan merubah berat jenis (densitas) BBM dan kemudian akan kembali pada saat temperature kembali seperti semula. Sehingga, pengisian BBM pada pada pagi hari maupun siang hari tidak mempengaruhi volume BBM yang dikeluarkan dari SPBU.


Isi Klaim 4 :

ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan.
Analisa dan penjelasan klaim 4 : 

  • Poin yang ini memang ada benarnya, yaitu agar kita tidak menunda-nunda dalam mengisi bensin karena semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit ruang kosong untuk penguapan BBM dan penguapan dapat dikurangi. Namun hal yang tidak diketahui adalah bahwa di SPBU ada alat yang cukup canggih yaitu system vapor recovery yang dapat mengembalikan uap yang mengalir ke dalam tangki BBM sehingga penguapannya dapat dikurangi. Untuk kepentingan konsumen, sistem pompa dispenser di SPBU sudah dilengkapi dengan flow meter yang berfungsi untuk memastikan volume bahan bakar yang keluar dari selang sesuai dengan angka penunjuk liter agar kuantitas BBM pun menjadi terjaga. Sehingga janganlah menunda-nunda mengisi BBM hingga tanki kendaraan sampai hampir kosong.


Isi Klaim 5 :
JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN.
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
Analisa dan penjelasan klaim 5 :
  • Standar pompa dispenser untuk Tangki Timbun SPBU telah dilengkapi dengan saringan bahan bakar (fuel filter) yang bentuknya seperti saringan oli (oil filter) di mobil. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dan menjaga bahan bakar yang keluar dari selang selalu dalam keadaan bersih. Secara prosedur petugas SPBU juga akan mengarahkan pelanggan untuk mengisi pada Dispenser yang tidak sedang diisi BBM dari Truk Tanki, agar jumlah BBM yang diterima SPBU dari Truk Tanki memiliki perhitungan yang akurat. Di SPBU terdapat beberapa tangki timbun untuk masing-masing dispenser sehingga tidak berpengaruh terhadap tangki yang lain. Kalo kita pernah melihat mesin ATM diisi pasti kita menunggu petugasnya selesai mengisi ATM tersebut dahulu bukan? kita diarahkan menggunakan ATM lain atau menunggu hingga selesai. Analogi tersebut kurang lebih hampir sama dengan proses bongkar muat BBM di SPBU.

Pengisian BBM
Pengisian BBM


Penjelasan diatas adalah hasil klarifikasi langsung oleh Pihak Terkait PT Pertamina Persero. Jadi, silahkan Anda menilainya sendiri.

Jika ada hal yang tidak berkenan mengenai penjelasan tersebut diatas, Anda dapat menghubungi Pertamina melalui Halaman Facebook dan Situs web resminya di :
  • https://www.facebook.com/ptpertaminapersero
  • http://www.pertamina.com



Kesimpulan : Memahami Kode SPBU

Kode SPBU
Kode SPBU

Selama ini kita mengenal dan mengetahui bahwa SPBU Pertamina merupakan milik pemerintah. Namun kenyataannya bisnis SPBU ini juga dikelola oleh pihak swasta. Dan SPBU yang benar-benar dikelola Pertamina sendiri hanya ada sekitar 80 SPBU saja.

Dan 80 SPBU ini tersebar di berbagai daerah se-Indonesia dengan terbagi hingga 7 region. SPBU yang dipegang sendiri oleh Pertamina ini dikenal dengan istilah SPBU COCO (Corporate Owned Corporate Operated). Demikian yang diketahui dari PT Pertamina Retail.

Silahkan cek disini : http://www.pertaminaretail.com

Untuk itu pentingnya mengetahui arti dari kode yang tertera pada setiap SPBU. Yang pertama harus diketahui adalah Pertamina terbagi menjadi 3 tipe, Yaitu :
  1. COCO (Corporate Owned Corporate Operated)
  2. CODO (Company Owned Dealer Operated)
  3. DODO (Dealer Owned Dealer Operated)

Arti digit angka kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri atau COCO. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer yang bisa dipegang oleh CODO atau DODO. Hal ini juga secara resmi dijelaskan pada situs resmi nya di  http://spbu.pertamina.com

Untuk kualitas SPBU model COCO dan CODO yang disertai lambang 'Pasti Pas' diyakini sudah sesuai standar Pertamina. Sebab kontrol kualitas SPBU selalu rutin dilakukan. Dengan kata lain dua tipe tersebut bisa dikatakan lebih baik dibanding tipe DODO yang rata-rata tidak disertai logo 'Pasti Pas'.

Dari berbagai fakta dan asumsi yang beredar dalam masyarakat SPBU tipe DODO kerap kali terjadi kecurangan. Karena sebagai peluang bisnis pihak ketiga tentu ingin cepat balik modal, sehingga pengusaha jadi berlaku curang.

Memang tidak semua dapat diasumsikan demikian. Namun biasanya dari pengalaman terbanyak akan dapat dirasakan langsung oleh sopir taksi maupun angkutan umum. Dari berbagai pengalaman mereka banyak yang mengatakan SPBU yang angka kode keduanya angka 1 selalu memiliki kualitas bensin lebih baik.

Namun untuk saat ini semua SPBU yang angka kedua '4' atau yang dipegang oleh CODO dengan logo 'Pasti Pas' sudah memiliki kualitas standar Pertamina. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dalam pengisian bahan bakar.
sumber:indonesian hoaxes.
Postingan sebelumnya : Berita Palsu Seputar Facebook
Semoga bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar sobat dibawah ya.


4 Komentar "Fakta Tentang Isu Kecurangan Pengisian Bensin Di SPBU"

  1. Terima kasig atas sarannya.

    BalasHapus
  2. Sy kira ada tinjauan lapangan, Tp nice post,lmyn nambah wawasan :)

    BalasHapus
  3. dan itu bnar sekali, tp terkadang mreka juga takut kepenuhan ketika sedang mengisi dikarenakan gak semua nozzle berfungsi normal , kbanyakan nozzle ada yg cacat sehingga mreka yg bertugas sebagai operator juga takut tumpah saat mengisi kan pd konsumen. oleh sebab itu jangan setiap spbu yg ada di anggap negatif atau main2, atau curang.
    mungkin karena bos pelit atau sbagainya sehingga tdk mau mengganti nozzle yg cacat itu. trimakasih. maaf jika ada kesalahan dalam menulis. tp lebih tepatnya kita harus lebih hati hati,, :-)

    BalasHapus
  4. Kalo ane punya pengalaman ..ngisi dipom bensin A terus karna kepepet harus ngisi dopom bensin B Trus besoknya motor rada ngadat setelah cucu karbu ternyata ada endapan air...denger2 dipombensin B petugas bongkar pom bensin B sering dapet tip dari sopir tangki...apa bensin pom besin B jual bensin campur air ya????;..;(

    BalasHapus

Gimana sob pendapatnya tentang postingan di atas?
Kasih komentarnya ya :)